Pentingnya ruang kosong (white space) dalam desain, membantu penekanan, pengelompokan, meningkatkan keterbacaan pesan yang disampaikan, sehingga terlihat profesional serta elegan. Ruang kosong dapat membantu meningkatkan impact (dampak) dari desain itu sendiri.

Tulisan ini saya kutip artikel yang di tulis oleh Anna Guerrero, contributor Canva.com dengan editing seperlunya. Bagaimana ruang kosong dapat memberikan dampak dalam desain Anda. Berikut pembahasannya…

1— Biarkan Ruang Kosong

Ruang kosong yang disengaja, dapat membuat pesan menjadi lebih fokus. Jangan pernah takut memberikan ruang kosong yang besar seperti gambar di bawah ini.

2— Hilangkan Pembatas

Menghilangkan elemen yang tidak perlu seperti pembatas, membuat desain lebih terbuka sehingga memiliki ruang kosong. Elemen lainnya boleh digunakan, jika dapat menambah nilai pada desain.

3— Perbesar Gambar Background

Gunakan gambar background yang mempunyai ruang kosong yang banyak. Atau perbesar area gambar untuk mendapatkan ruang kosong yang banyak untuk penempatan teks.

4— Gunakan Background Berwarna

Background berwarna solid dapat digunakan untuk menciptakan ruang kosong disekitar teks. Perlunya menambahkan elemen yang menarik perhatian.

5— Spasih Huruf

Memperluas atau merapatkan jarak antara huruf dapat menyelaraskan teks dalam baris. Anda dapat memperhatikan contoh di bawah lebih mudah dibaca.

6— Gunakan Jarak

Elemen dalam desain harus memiliki jarak atau margin tersendiri, seperti ruang kosong tersendiri. Perhatihan jarak disekita teks “COOKING BACK TO BASICS” dan source URL terdapat ruang kosong.

7— Tambahkan Pembatas

Perbatasan antara lukisan dan bingkai gambar membantu menarik perhatian pada lukisan dan memberikan ruang gambar untuk bernapas, sehingga berbicara. Untuk menerapkan ini ke dalam desain grafis, tambahkan perbatasan di sekitar  elemen sehingga terpusat seperti teks dan gambar. Pastikan semua elemen Anda terpusat untuk memetakan ruang kosong secara merata.

8— Buat Desain Anda Menonjol

Hindari kekacauan pada desain dengan memperbesar ukuran salah satu elemen terpenting dalam tata letak Anda, seperti kata ‘Makan…’ dalam contoh di atas. Menjaga elemen lainnya, minimal untuk menciptkan lebih banyak ruang kosong.

Nah, itu beberapa cara untuk menciptakan ruang kosong sehingga pesan yang akan disampaiakan menjadi lebih fokus, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar bersama saya dan tim Kreasi Presentasi, silahkan hubungi 0812 3271 6030 |  0857 3333 0407 untuk penawaran terbaik.

Salam Amazing

Hakim Asthra Yudhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.