Font merupakan element terpenting dalam desain, yang berfungsi untuk menyajikan pesan kepada audience. Font mempunyai peran sangat penting dalam slide presentasi, maka perlu diperhatikan dalam memilih serta untuk penggunaannya. Bila Anda tidak tepat memilih font, maka pesan tersebut tidak tersampaikan secara optimal dan bisa-bisa audience akan mempunyai pemahaman yang berbeda dengan Anda. Font yang kita gunakan dapat membangun presepsi tersendiri.

Memilih font yang tepat bagaikan seni nan indah, tetapi kebanyakan orang belum menguasainya. Agar font yang digunakan tepat, setidaknya Anda harus memahami kategori yang nantinya sering ditemui serta fungsi font tersebut. Dalam buku Tipografi dalam Desain Grafis karya Danton Sihombing, Ada tiga kategori besar font yang sering dipergunakan untuk bisnis dan Pendidikan. Berikut tiga kategori besar font tersebut :

Serif

Font ini mempunyai ciri mempunyai lekukan atau garis dibagian ujung hurufnya (counterstroke), bila diibaratkan manusia menggunakan topi serta sepatu. Adanya lekukan diujung hurufnya, membuat dia terkesan kaku, padat dan profesional. Ternyata yang membuat dia terkesan padat yaitu, ujung huruf satu dengan yang lain saling berdekatan. Sehingga dia berat dibaca dalam paragraph serta sulit dibaca dalam resolusi rendah. Font ini dalam desain dia bagus digunakan untuk judul dan subjudul.

Sans

Arti dari kata “sans” sendiri yaitu “tanpa”. Font sans tidak mempunyai lekukan atau garis di ujung hurufnya. Kesan yang ditampilkan font ini yaitu, lebih modern, siple dan ringan pada tampilan. Font ini dalam desain dia bagus digunakan untuk konten (isi), karena ringan dibaca dalam paragraph. Nah dia boleh juga digunakan untuk judul, syaratnya font tersebut dibuat huruf kapital (UPERCASE), agar terkesan tegas dan lebih dominan.

Dekoratif

Font dekoratif mempunyai khas free design, latin (script) maupun retro. Script identic dengan tulisan tangan atau bersambung. Retro identic dengan tulisan yang bervariasi selain tulisan bersambung. Font dekoratif ini mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga audience penasaran dan ingin membaca. Font ini bagus digunakan untuk judul.

Anda juga dapat menambah koleksi font dengan meng-install-nya. Berikut Cara Install Font 

Dari penjelasan diatas, sekarang Anda sudah tahu serta paham kategori font yang sering digunakan untuk bisnis dan pendidikan. Nah sekarang, Anda dapat menggunakan font sesuai dengan funsinya.

Salam Amazing 

Hakim Asthra Yudhie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.