Pada artikel sebelumnya saya membahas Shortcut Tersembunyi Pada PowerPoint seri pertama. Dan dalam artikel ini saya akan melanjutkan
Shortcut Tersembunyi Pada PowerPoint seri kedua. Dalam artikel ini dengan sumber yang sama saya sadur dari artikel yang ditulis oleh Camille Holden, Co-Founder and CEO of Nuts & Bolts Speed Training dan contributor slidecow.com dengan editing seperlunya.

Shortcut PowerPoint yang perlu Anda coba kembali yaitu :

PowerPoint Shortcut # 3 – Copy – Paste Format

Shortcut ini berfungsi untuk pemakaian berulang, Format PowerPoint serta Animation PowerPoint yang telah Anda buat dengan cepat, 10 x lebih cepat daripada membuatnya kembali dengan format atau animasi yang sama secara manual.

Kombinasi Shortcut ini hampir sama dengan Format Painter, tapi perbedaanya Shortcut ini dapat digunakan secara berulang, Anda dapat melakukan perintah lain tanpa kehilangan format yang di-Copy sebelumya.

Sementara Format Painter dapat digunakan untuk satu kali perintah, apabila sudah di gunakan maka perintah tersebut hilang dan perlu meng-klik icon “Format Painter” kembali untuk melakukan perintah selanjutnya.

Berikut Shortcut yang perlu Anda coba:

  • CTRL + SHIFT + C untuk Pick Up Style Shortcut (Copy Formatting)
  • CTRL + SHIFT + V untuk Paste Style Shortcut (Paste Formatting)
  • ALT + SHIFT + C untuk Copy Animations

PowerPoint Shortcut # 4 – Paste Special

Anda dapat meng-Copy dan Paste objek di PowerPoint dalam format yang berbeda. Anda cukup Copy atau Cut, kemudian tekan “Ctrl + Alt + V” untuk membuka opsi “Paste Special” selanjutnya anda pilih formatnya. Berikut beberapa hal penggunaan untuk meng-Paste objek dengan format berbeda dalam PowerPoint.

  • Paste sebuah Chart sebagai Image untuk mengunci datanya, sehingga chart tersebut tidak dapat diedit.
  • Paste vektor (gambar ilustrasi) sebagai “Metafile”, agar file tersebut dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil dan dapat diedit.
  • Paste Tabel sebagai “Metafile”, agar file tersebut dapat dipecah dan menjadi batangan shape persegi panjang dan dapat dirubah menjadi bentuk lain.

Bila Anda paste dalam format “Metafile”, selanjutnya Anda dapat “Ungroup” atau tekan “Ctrl + Shift + G”. Akan tampil kotak dialog kemudian pilih “Yes” dan lakukan kembali “Ungroup”, objek akan terpecah dan dapat diedit dengan tampilan yang berbeda.

Alasan lainnya kenapa harus menggunakan “Paste Special”, Anda dapat Paste gambar dengan format .PNG bukan format .JPEG seperti logo atau gambar tanpa latar belakang.

Berikut Shortcut yang perlu Anda coba:

  • CTRL + SHIFT + V untuk Paste Special

PowerPoint Shortcut # 5 – The Clipboard

Clipboard Shortcut menjangkau fungsi normal Cut, Copy dan Paste.

Pertama, untuk mengaktifkan Clipboard Shortcut Copy, Anda perlu:

  1. Klik Tab Home
  2. Buka jendela Clipboard menggunakan panah menghadap ke bawah diagonal di grup Clipboard pada ribbon.
  3. Buka opsi di bagian bawah jendela Clipboard dan pastikan “Office Clipboard tampil dengan menekan Ctrl + C “.

Setelah aktif, Anda dapat memilih objek (teks, grafik, gambar) yang ingin Anda salin, dengan menekan tombol CTRL + C  pada keyboard. Setiap pilihan akan tampil pada Clipboard, Anda dapat menyalin hingga 24 objek berbeda menggunakan CTRL + C (copy) atau CTRL + X (cut) shortcut keyboard dari mana saja termasuk pada Microsoft, halaman web, dan program lain serta Anda dapat mem-paste objek tersebut di lembar kerja.

Berikut Shortcut yang perlu Anda coba:

  • Shortcut Clipboard – CTRL + C + C

Nah itu Shortcut yang tersembunyi dapa PowerPoint yang bisa gunakan, untuk memudahkan dan membantu Anda. Masih banyak lagi tools yang bisa Anda optimalkan dalam PowerPoint untuk menghasilkan ide terbaik. Semoga bermanfaat.

Salam Amazing

Hakim Asthra Yudhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.