Pernahkah Anda merasa bosan menggunakan font itu-itu saja saat mendesain slide presentasi menggunakan PowerPoint? Kenapa tidak mencoba font lainnya, ternyata font dalam komputer (laptop) yang kita gunakan banyak sekitar 250 font dan bisa ditambah lagi koleksi fontnya dengan cara di Install. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas “Cara Mudah Install Font”.

Gunakanlah font yang mempunyai tingkat keterbacaannya tinggi, juga ringan dibaca pada slide presentasi Anda. Bila Anda tepat memilih font, tampilan slide presentasi terlihat professional juga dapat memukau audience.

Setelah Anda membuat slide presentasi tentunya siap untuk dipresentasikan. Tapi perlu diperhatikan, bila Anda ingin presentasi menggunakan laptop lain atau materi tersebut ingin dibagikan kepada tim Anda. Tantangan yang bisa terjadi, slide presentasi yang dibuat dengan font khusus akan berubah dan layout-nya berantakan. Anda pernah mengalami tantangan seperti ini?

Ternyata yang membuat dia berubah, font khusus yang Anda gunakan tidak tersedia di laptop yang akan digunakan saat presentasi, sehingga font tersebut berubah dan berantakan.

Agar tidak terjadi kembali hal seperti ini, Anda bisa mengantisipasi dengan cara meng-Embed Font yang digunakan. Berikut caranya embed font dalam slide presentasi:

Pertama, Buka file slide presentasi yang akan Anda digunakaan atau share.

Kedua, Klik menu “File” di ujung kiri atas.

Ketiga, Pilih menu “Options” untuk versi PowerPoint 2013 keatas dan “PowerPoint Options” untuk versi 2010 ke bawah.

Keempat, Menuju pilihan “Save” pada kolom kiri.

Kelima, Checklist pilihan “Embed font in the file” pada kolom bagian bawah. Di sini terdapat dua opsi : “Embed only character …” dan Embed all character …”. Agar aman saya sarankan Anda memilih “Embed all character“.

Keenam, Klik Ok kemudian Save kembali file presentasi Anda.

Apabila Anda terkendala dengan meng-embed font, langkah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meng-Copy file font yang digunakan, kemudian anda Install Font tersebut di computer/laptop tujuan dan selanjutnya baru buka file presentasi Anda..

Semoga dari penjelasan di atas dapat membantu Anda, selamat mencoba.

Salam

Hakim Asthra Yudhie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *