Kata “vektor” tentunya terdengar tidak asing di telinga, kata vektor biasanya kita dengar dalam pelajaran Matematika, Fisika maupun pelajaran teknik upun Teknik yang ada hitung-menghitungnya .… Hehehe.

Kini kata “vektor” terdengar dalam dunia desain grafis. Tentunya terlihat lebih visual, menarik dan tampilan gambarnya bagus-bagus.

Vektor merupakan “Ilustrasi digital yang terbuat dari titik, garis, dan kurva tertutup dalam bentuk shape (kotak, segitiga, lingkaran dsb.) dengan rumusan matematika. Sehingga menghasilkan objek gambar tertentu”.

Vektor sendiri baru buming beberapa tahun terakhir. Saat ini vektor menjadi trend, digunakan diberbagai macam kebutuhan seperti : infografis, flyer/poster, slide presentasi, laporan termasuk digunakan videografis. Kebanyakan orang memilih vektor, karena dapat mempertahankan kualitanya dengan jernih pada berbagai dimensi (ukuran) tetap bagus. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan vektor, jangan ragu dengan kualitasnya.

Ada beberapa alasan utama vektor tepat untuk digunakan, mari kita bahas.

PERTAMA, Vektor tidak memiliki batasan ukuran dan juga tidak mempengaruhi ukuran File. Apabila kita menggunakan vektor, kita dapat memperbesar maupun memperkecil ukurannya tanpa harus takut vektor tersebut turun kualitasnya. Ukuran vektor sangat ringan, berapapun dimensi vektor yang kita tampilkan ukuran kapasitas filenya tetap sama.

KEDUA, Mudah diedit dengan cepat. Terkadang kita ingin memperbaiki (editing) gambar yang kita miliki, bila menggunakan gambar vektor maka kita dapat meng-edit bagian tertentu saja, tanpa harus mengganggu bagian lainnya kemudian dapat digunakan kembali.

KETIGA, Banyak pilihan Export (Save As) ke format vektor & gambar. Hasil mentahan vektor bisa kita simpan kembali dalam bentuk ekstensi apapun, sehingga lebih fleksibel untuk digunakan untuk bebagai macam kebutuhan.

Baik, itulah keuntungan dari vektor. Dari pembahasan di atas, Anda dapat mencobanya untuk berbagai kebutuhan desain Anda.

Salam

Hakim Asthra Yudhie